Sosialisasi Kecamatan Sehat di Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin







"Salam Kecamatan Sehat"


Kota Sehat adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, dengan mengoptimalkan potensi sosial, ekonomi dan budaya masyarakat, yang didukung melalui forum, difasilitasi oleh sektor terkait dan singkron dengan perencanaan kota dan masing-masing kecamatan dan kelurahan.




Sebagai implementasi dari kota sehat, Kecamatan Banjarmasin Tengah berkeinginan mewujudkan Kecamatan Banjarmasin Tengah sebagai kecamatan sehat, untuk terlaksananya hal tersebut diatas sejak tahun 2013 telah dibentuk suatu forum yang secara umum berfungsi untuk mewadahi berjalannya berbagai aktifitas untuk mengembangkan dan mengimplementasikan konsep kecamatan dan kelurahan sehat yang seiring dengan dibentuknya forum tersebut, 7 (tujuh) kelurahan ditunjuk sebagai pilot project dengan membentuk organisasi yang diberi nama Kelompok Kerja Kelurahan Sehat. Ketujuh Kelurahan tersebut antara lain yaitu Kelurahan Seberang Mesjid, Kelurahan Pekapuran Laut, Kelurahan Antasan Besar, Kelurahan Teluk Dalam, Kelurahan Mawar, Kelurahan Kertak Baru Ulu, dan Kelurahan Kertak Baru Ilir. Seiring berjalannya waktu pada tahun 2015 yang lalu dibentuk lagi 5 (lima) Kelompok Kerja Kelurahan Sehat, yaitu Kelurahan Pasar Lama, Kelurahan Sungai Baru, Kelurahan Gadang, Kelurahan Melayu dan Kelurahan Kelayan Luar, sehingga total keseluruhan 12 Kelurahan yang telah dibentuk Kelompok Kerja Kelurahan Sehat di Kecamatan Banjarmasin Tengah.




Pada Tahun 2016, Kecamatan Banjarmasin Tengah melaksanakan Kegiatan Sosialisasi kepada Forum Kota Sehat Kecamatan dan Pokja Kelurahan Sehat melalui DPPA-SKPD Kecamatan Banjarmasin Tengah cq. Kegiatan Forum Kecamatan Sehat TA. 2016, dimana kegiatan tersebut dilaksanakan melalui 3 (tiga) tahap kegiatan, dengan menghadirkan total 150 orang peserta.




Kegiatan Sosialisasi kecamatan Sehat dilaksanakan pada Tanggal 15 November, 16 November dan 28 November 2016, untuk narasumber dari Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dan Forum Kota Sehat.  2 (dua) Kegiatan dibuka oleh Camat Banjarmasin Tengah Drs. H. Diyanoor, MA dan 1 (satu) lainnya dibuka oleh Sekretaris Kecamatan Banjarmasin Tengah Ichrom Muftezar, SSTP, M. Si dan kemudian dilanjutkan oleh Kasi Ekobang Kecamatan Banjarmasin Tengah Mukhlis Adha, S. Sos yang bertindak selaku moderator dari para narasumber.




Untuk mencapai predikat Kota Sehat secara menyeluruh harus melaksanakan 5 (lima) tatanan indikator Kota Sehat, yaitu sebagai berikut :

  1.  Kawasan Permukiman, Sarana Prasarana Umum;
  2. Kawasan Sarana Lalu Lintas Tertib dan Transportasi;
  3. Kawasan Pariwisata Sehat;
  4. Ketahanan Pangan; dan
  5. Kehidupan Masyarakat yang Mandiri.




Pada tahun 2013-2014 Kota Banjarmasin mendapatkan “Swastisaba Padapa” yang penghargaan diberikan pada tahun 2015, pada saat itu Kota Banjarmasin baru melaksanakan 2 (dua) tatanan indikator kota sehat yang bisa dicapai, yaitu Nomor 1 (satu) dan Nomor 5 (lima), dan ditahun 2015-2016 dimasukkan lagi 2 (dua) tatanan indikator kota sehat yaitu Nomor 2 (dua) dan Nomor 4 (empat), dengan harapan dapat meraih penghargaan “Swastisaba Wiwerda” sebagai target Pemerintah Kota Banjarmasin melalui Forum Kota Sehat. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu upaya yang sungguh-sungguh baik dari Pemerintah Kota Banjarmasin maupun masyarakat yang bermukim di Kota Banjarmasin.

Salam Banjarmasin Sehat, Salam Baiman.. (Adha & Om Te)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Services