Sosialisasi e-Kelurahan di Kecamatan Ban-Teng Banjarmasin




e-Kelurahan merupakan sebuah inovasi yang digagas oleh Bagian Tata Pemerintahan Setdako Banjarmasin yang merupakan sebuah aplikasi pelayanan online di Kelurahan,  aplikasi e-kelurahan diberi nama Palui yaitu Pelayanan Administrasi Kelurahan Terintegrasi, Palui juga merupakan akronim dari seorang legenda Banjarmasin yang selalu memberikan petuah maupun cerita lucu.

Seluruh Kelurahan di Kota Banjarmasin secara bertahap telah diberikan aplikasi ini, sudah barang tentu semua sarana dan prasarana yang mendukung terlaksananya inovasi ini telah diberikan terlebih dahulu, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya, tidak terkecuali dari Kecamatan Banjarmasin Tengah juga telah memberikan laptop baru kepada beberapa kelurahan walaupun sebelumnya juga telah ada komputer ataupun laptop sebagai bukti nyata dukungan penuh dari Camat Banjarmasin Tengah.

 

Pada hari Selasa tanggal 6 Desember yang lalu, Kabag Tapem Iwan Ristianto, AP, M.AP didampingi oleh Sekretaris Kecamatan Ban-Teng Bapak Ichrom Muftezar, SSTP, M. Si telah melaksanakan sosialisasi e-kelurahan untuk ASN Kelurahan di Lingkungan Kecamatan Banjarmasin Tengah, terlihat beberapa Lurah juga menghadiri, seperti Lurah Sungai Baru, Lurah Kelayan Luar, Lurah Kertak Baru Ilir, Lurah Kertak Baru Ulu, Lurah Melayu, Plt. Lurah Seberang Masjid dan pejabat serta staf di Kelurahan lainnya. Slaku narasumber pada kegiatan dimaksud yaitu Bapak Umar, Muhammad Randi, Arie Juliadi dari Bagian Tata Pemerintahan dan Wanadry Zulfikar dari Bappeda Kota Banjarmasin.

  

Tujuan utama dari Palui ini adalah untuk mempermudah administrasi pelayanan ditingkat Kelurahan, yang mana kedepannya seluruh data yang masuk dapat tersimpan secara terintegrasi dan mampu juga berintegrasi kepada OPD lain seperti Dispencapil maupun OPD lainnya yang selalu memerlukan data kependudukan secara kontinyu.





Saat ini seluruh kelurahan juga telah memiliki website masing-masing, yang insyaAllah kedepannya secara berkesinambungan, gambaran umum serta kegiatan yang dilaksanakan oleh masing-masing Kelurahan akan kita tampilkan pada website masing-masing.




e-Kelurahan juga merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap kebijakan Walikota dan Wakil Walikota Banjarmasin dalam rangka mewujudkan Kota Banjarmasin sebagai Smart City.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Services