LEBIH 200 ANAK DIAYUN BERGANTIAN PADA ACARA BAAYUN MAULID / MAAYUN ANAK SEKALIGUS MEMPERINGATI KELAHIRAN NABI BESAR MUHAMMAD SAW DI KEL. ANTASAN BESAR KEC. BANTENG




Jumat 1 Desember 2017 bertepatan dengan 12 Rabiul Awwal 1439 H dilaksanakan satu kegiatan budaya atau tradisi banjar yg sudah ada sejak ratusan tahun silam di Halaman Kelurahan Antasan Besar Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Baayun Maulid atau Maayun Anak sambil mendengarkan puji pujian terhadap Rasulullaah SAW ini lah nama kegiatan dimaksud, hal ini merupakan budaya atau tradisi turun temurun dari zaman  nenek moyang dalam rangka memperingati kelahiran Nabi Besar Muhammad SAW.

Lurah Antasan Besar Bapak Zulfian Noor bersama dengan Ketua Karang Taruna Galuh Sari beserta seluruh jajaran, juga dibantu oleh para tokoh agama, tokoh masyarakat, Ketua DK Dan Ketua RW/RW melaksanakan kegiatan ini dengan dana swadaya, dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat, begitu antusiasnya warga dengan rencana pelaksananaan kegiatan sehingga seluruh warga turut membantu baik secara materi maupun moril. 

Acara dimulai sekitar pukul 09.00 WITA, diawali dengan pembukaan, pembacaan doa oleh Ketua DK Antasan Besar Bapak H. Asmadi, kemudian dilanjutksn lantunan Kalam Ilahi disampaikan oleh Ust. H. Hadriani, S. Pd. I. 

Dilanjutkan dengan Sambutan Karang Taruna Galuh Sari sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Baayun Maulid Hadi Cahyadi, S. Pd, dan sambutan selanjutnya disampaikan oleh Wakil Walikota Banjarmasin Bapak H. Hermansyah sekaigus membuka secara resmi kegiatan ini

Kemudian acara dilanjutnya dengan maayun anak2, memang ayunan (tempat meayun) yg tersedia hanya 12 saja, namun anak2 yg diayun lebih dari 200 anak, untuk itu melalui Pembawa Acara Bung Isman Buana  menyampaikan bahwa maayun anak dilakukan secara bergantian dengan durasi waktu mayun sekitar 5 menit, sambil maayun acara dilanjutkan secara maraton yaitu pembacaan Gurindam Banjar oleh Kabid Kebudayaan pada Dinas Budpar Kota Banjarmasin, Besyair Melayu Banjar oleh Sabubuhan Group dari Banjarmasin dan terakhir pembacaan Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW oleh Group Nurul Huda dari Desa Pematang Baru, setelah semua rangkaian acara selesai maka acara diakhiri dengan Pembagian puluhan Doorprize kepada peserta, ada yg mendapatkan tabung gas, sembako dan masih banyak lainnya.

Acara berlangsung cukup meriah, karena selain dihadiri oleh warga Kel. Antasan Besar, para tokoh, acara juga dihadiri oleh Sekcam Banteng Bapak Ichrom Muftezar, SSTP, M.Si, Kanit Intel Polsekta Banteng Bapak Iptu. Wardiyono,  para donatur, Lurah se Kec. Banteng, rekan-rekan media dan berbagai elemen masyarakat lainnya.

Camat Banteng Drs. H. Diyanoor, MA selaku Pimpinan Wilayah pada kesempatan yg sama mengucapkan terima kasih kepada seluruh pendukung acara, terutama kepada para warga yg sangat antusias membawa anak-anaknya utk mengikuti rangkaian acara Baayun Maulid, dan kami sangat bangga karena satu-satunya Kelurahan se-Kota Banjarmasin yg berhasil dengan sukses melaksanakan kegiatan ini adalah Kelurahan Antasan Besar, mudah2an kegiatan ini dapat memberikan manfaat yg sebanyak banyaknya kepada kita khususnya dan seluruh warga Kota, dan ini juga merupakan gambaran kecintaan kita kepada Rasulullaah SAW. 

(Om Te)




















Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Services